Beranda » Affiliate Marketing » Langkah Demi Langkah Cara Kerja Affiliate Marketing

Langkah Demi Langkah Cara Kerja Affiliate Marketing

T Diposting oleh pada 14 August 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 47 kali
Cara kerja affiliate marketing
Pernahkah anda melamar pekerjaan menjadi sales ? Jika belum setidaknya anda sudah pernah lihat ada sales yang kerjanya door to door menawarkan barang dagangannya. Yang dijual produk milik orang lain, dan salesman akan mendapatkan uang tergantung kesepakatan dengan pemilik produk itu.

 

Dalam bisnis offline bermacam-macam ketentuan seberapa besar komisinya. Salesman akan mendapatkan prosentase komisinya setelah berhasil menjual produk yang dipasarkan. Jika tidak berhasil menjual otomatis nggak dapat komisi. Dalam bahasa yang agak “kasar” disebut juga Broker atau Calo.

 

Tapi jangan rendah diri dengan pekerjaan ini. Karena diluar negeri pekerjaan affiliate marketing masih termasuk profesi yang bergengsi. Hasilnyapun sangat menggiurkan. Affiliate marketing adalah sama dengan bisnis seperti itu. Bedanya hanya cara dan medianya. Afiliate marketing tidak perlu jalan kaki door to door, tidak perlu kehujanan dan kepanasan. Karena semuanya dijalankan melalui internet. Bukankah ini sangat cocok dan bisa untuk semua orang, dikerjakan dari rumah, peluang usaha paruh waktu, bisa dijalankan ibu rumah tangga dan banyak kemudahan lainnya.

Affiliate marketing tidak perlu kita bertatap muka dengan orangnya langsung. Banyak orang yang gagal menjadi salesman yang sukses karena kebanyakan gagal menjual sebab gagal menghadapi orang yang berbagai type dan karakter.

Dengan memasarkan melalui internet kita menggunakan senjata andalan untuk menawarkan produk yaitu yang namanya Sales Letter. Inilah Seninya Bisnis Online dalam membuat salles letter agar pembaca berubah jadi pembeli.

Sales letter adalah sebuah halaman website yang berisi penawaran suatu produk kepada pengunjung website. Sales letter inilah yang akan menjelaskan dengan detail produk yang kita tawarkan kepada calon pembeli.

Sekarang Bagaimana Cara Memulai Bisnis Affiliate Marketing ?

Yang pertama-tama anda harus benar-benar mau mengerjakan, sehingga langkah-langkahnya akan terwujud menjadi sebuah usaha online yang menghasilkan profit.

  • Siapkan mental dan pola pikir yang benar untuk menjalankan bisnis affiliate marketing.
  • Joint/ Daftar ke website yang menawarkan Program Affiliate (Merchant).
  • Ambil link khusus dengan kode affiliasi anda di website Merchant. Catat dan simpan.
  • Buat website/ blog/ landingpage/ salespage untuk menuliskan Sales Letter/ review produk yang anda tawarkan.
  • Jangan lupa cantumkan link affiliasi anda yang didapat dari Webite Merchant yang sudah dicatat tadi.
  • Promosikan website/ blog / sales latter yang anda buat tadi.
  • Follow Up calon pembeli

Setidaknya ada tujuh point diatas yang perlu dikerjakan. Dan jika dikembangkan maka akan menjadi sangat luas…tanpa batas. Karena sebuah bisnis tentu akan bisa dikembangkan dan dibesarkan. Oke… minimal kita kerjakan yang mendasar dulu sebagai pondasi sebuah bisnis.

Selanjutnya secara detail bisa dibahas seperti berikut.

1. Mental dan pola pikir positif seorang internet marketer sukses.

Saya pernah mengutip kata-kata Jack Ma (Founder Alibaba) tentang Memberantas mental miskin dan Tentang Seperti apa Produk Yang Laris. Yang kedua bukan dari Jack Ma Disitu terselip pesan agar kita jangan bermental miskin dan jangan berpikir negatif.

Ups…! kurang tepat ! Yang tepat adalah Kita harus bermental kaya, bermental sukses dan berpikir positif

Sudah terlalu sering ya mendengar kalimat seperti itu …ha,ha,ha…
Ya sudahlah nggak saya uraikan panjang lebar, intinya ayo kita lakukan cara berpikir dan bermental seperti nasehat itu.

Mengapa harus mulai dari affiliate ?

karena affiliate lebih mudah untuk pemula daripada membuat produk sendiri. nanti seiring berkembangnya keahlian kita kita bisa memembuat produk sendiri atau anda bisa menjadi seorang Product Creator

2. Joint / Daftar ke website yang menawarkan Program Affiliate (Merchant).

Yang prtama tentu kita mencari dulu dimana website mana yang menawarkan program affiliate. Serching di google.com disana banyak sekali program affiliate. Baca-baca dulu situsnya dan cari yang menurut anda baik, produknya mudah dipahami dan aturannya nggak ribet.

Biasanya ada yang harus membeli produknya dulu baru kita terdaftar sebagai affilasinya. Ada juga yang bisa langsung daftar walaupun belum membeli produknya.

Ada yang sistem member free sudah bisa menjadi affilai dengan komisi yang kecil dan jika ingin mendapat komisi yang lebih besar dengan upgrade menjadi member premium. Anda pilih yang sesuai saja.

Oke….kita kemudian mendaftarkan diri pada affiliate program tersebut dengan mengisi sebuah form. Biasanya merchant akan meminta kita untuk mengisi nama, alamat lengkap, nama penerima komisi, email, nomor telepon, dan lain-lain.

Kita akan diminta untuk membaca “persyaratan” atau “affiliate agreement”. Affiliate agreement adalah sebuah dokumen legal yang mengikat kita dengan affiliate merchant.

Isinya biasa menyatakan kesepakatan kita terhadap syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh affiliate merchant, seperti misalnya :

  • Tidak boleh mengirimkan email spam (email komersial yang tidak diminta oleh pemilik email tersebut).
  • Tidak boleh beriklan di website illegal, perjudian, penjualan barang terlarang dan sebagainyaPeraturan ini sangat penting untuk kita pahami karena jika kita melanggar syarat dan ketentuan yang telah tertulis di sana, affiliate merchant bisa menunda pencairan komisi atau bahkan mengeluarkan kita dari affiliate program mereka. Kita malah akan rugi kan….!

Jika kita setuju dengan peraturan yang ditetapkan oleh merchant, maka beri tanda centhang/ ceklist dan klik Daftar atau Joint.

Masing-masing Merchant memiliki aturan affiliate yang berbeda-beda. Jadi kita harus baca peraturan tersebut.

3. Ambil link khusus dengan kode affiliasi anda di website Merchant. Catat dan simpan.

Ikuti langkah selanjutnya dan jika sudah terdaftar login ke affiliate area dan dapatkan kode link affiliate anda disana ! Contoh link affiliasi misalnya : https://www.autosubmit.web.id/?ref=26291
https://account.ratakan.com/aff/go/kuswan99?i=1584

Jangan khawatir, karena tidak akan tertukar link affiliate kita dengan link affiliate milik orang lain. Yang penting kodenya ditulis lengkap sebagaimana mestinya.

Catat kode link affiliasinya. Tujuannya untuk memudahkan kapan saja anda membutuhkan link affiliate ini untuk di cantumkan dimana anda butuhkan mudah ditemukan.

Link Affiliate biasanya terlalu panjang dan kode susah diingat. Maka sebaiknya anda baca Cara Redirect URL Affiliate

4. Buat website / blog / landingpage / salespage
untuk membuat Salles Letter

Sampai tahap ini perlu terus meningkatkan semangat ya.Karena masih butuh kemauan untuk mengerjakan langkah selanjutnya.

Sebenarnya bisa saja anda tidak membuat blog atau website atau landingpage…..tapi langsung merekomendasikan link affiliate yang sudah didapat dari website merchant.

Namun untuk menuju menjadi seorang affiliate marketer yang professional wajib rasanya untuk memiliki website sendiri. Sehingga punya tujuan jangka panjang dalam membangun sebuah bisnis online.

Membuat website merupakan langkah awal memasuki tahap promosi. Layanan membuat website/ blog banyak sekali yang menyediakan, dari yang gratis hingga berbayar. Tidak perlu saya sebutkan semuanya. Pilih saja yang sudah terkenal dan banyak dipakai orang.

  • Blogspot (gratis)
  • WordPress (gratis)

Sekedar saran dari saya…., jika anda hobby menulis artikel yang berkaitan dengan produk affiliate pilihan anda maka gunakan blog bisa dengan WordPress atau blogspot.

Anda terbitkan artikel secara berkala dan pada setiap artikel masukan link affiliate yang anda dapatkan dari website merchant. Pasang banner affiliasi di sidebar blog agar lebih menarik pengunjung untuk klik dan masuk ke website merchant melalui link anda.

Ingat ya…., menggunakan website model blog dengan membuat artikel berkala…,hanya jika anda hobby menulis artikel secara berkala. Jika anda tidak suka menulis maka sebaiknya gunakan Landing Page.

Cukup membuat satu halaman saja untuk di promosikan secara terus menerus. Tidak perlu update secara berkala, kecuali jika ada hal yang sangat urgent harus di perbaiki.

Contoh landingpage lihat di www.landingpage.gemilangonline.net

5. Cantumkan Link Affilate di website / blog / landingpage anda

Link affiliate wajib dicantumkan di halaman landingpage, karena dari link affiliate inilah anda akan mendapatkan penjualan dan mendapatkan komisi setiap ada pembelian produk.

Landing page adalah sebuah halaman dimana pengunjung akan “mendarat” pertama kali di halaman tersebut. Maka harus memenuhi kriteria yang baik sehingga pengunjung bisa tertarik da melanjutkan melakukan pembelian.

Buat yang ringkas jelas dan ajak pengunjung untuk melakukan pembelian. Sebainya anda kunjungi halaman Panduan Membuat Salles Letter Untuk Affiliate Marketing.

6.Promosikan website, blog atau landingpage anda

Promosi merupakan langkah untuk mendatangkan pengunjung.Tanpa pengunjung jualan nggak laku. Maka promosi juga bagian yang menentukan kelangsungan sebuah bisnis.

Beriklan secara gratis :

  • Menerbitkan artikel di blog secara berkala dan mencantumkan link affiliate.
  • Membuat status di Facebook, Twitter, forum dan tunjukan link affiliate anda.
  • Memasang iklan baris gratis di website periklanan
    Perhatikan etika dalam membuat status yang berisi penawaran produk di forum dan media social.

Iklan Berbayar :

  1. Facebook Adsense
  2. Iklan PTC
  3. PPC Lokal
  4. Google Adwords
  5. Gunakan Software iklan massal

Dalam berpromosi sesuaikan dengan kondisi anda dan bertahap. Bersabarlah dan jangan lekas bosan menjalani proses ini. Ingat…. bersiaplah anda menjalani proesnya !

Beriklanlah dengan yang gratis dulu, kemudian tingkatkan.Kalau saya untuk tahap awal biasanya menggunakan iklan PTC. Biaya murah bisa dengan 20.000 dapat 1000 klik. Tahap pertama untuk meningkatkan traffic landingpage kita.

Bisa di coba dengan PPC lokal Rp.100.000 untuk 100 klik. Misalnya AdsenseCamp.com. Lihat hasilnya, apakah dengan biaya iklan tersebut menghasilkan penjualan ? Jika terjadi 2x penjualan dengan komisi @ Rp.100.000 berarti ada keuntungan Rp.100.000,-

Jika tidak menghasilkan penjualan….evaluasi apanya yang harus diperbaiki dan lakukan perbaikan.Mungkin landingpagenya kurang menjual, mungkin iklannya kurang tertarget sehingga yang melihat orang yang tidak membutuhkan produk kita, dan lain-lain.

Jangan menyerah…., cari cara agar bisa mendapatkan penjualan.

Cara lain dengan memasang iklan massal menggunakan software pemasang iklan massal autosubmit

Oke lakukan promosi secara rutin, berkala, terprogram dan jangan lekas bosan. Pada saat awal ibarat kita baru menanam…efeknya berupa hasil kadang membutuhkan waktu untuk proses.

7. Follow Up calon pembeli

Anda coba cek di website merchant dan login ke affiliate area. Lihat apakah disana ada calon pembeli yang mendaftar ? Biasanya calon pembeli yang mendaftar tapi belum transfer terdata di affiliate area. Catat nomor HP jika ada atau alamat email.

Lakukan follow up. Anda bisa sms atau kirim email ke calon pembeli yang belum transfer.

Ini contoh saja ya…follow up calon pembeli.

Bapak A.
Selamat siang

Terimakasih bpk sudah berkenan order produk …. melalui link affiliasi saya.
Silahkan bapak transfer ke no rekening yang sudah dikirim ke email bpk, agar segera bisa download produknya di member area.

Terimakasih, ditunggu di member area.
(Nama Anda)

Oke sobat online sampai disini dulu ya…., Salam Sukses !

Belum ada Komentar untuk Langkah Demi Langkah Cara Kerja Affiliate Marketing

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Langkah Demi Langkah Cara Kerja Affiliate Marketing

Bagaimana Menggunakan Email Untuk Mendapatkan Uang Jutaan Rupiah ?

T 18 August 2017 F A Gemilang

Email Marketing Istilah email marketing tentunya sudah sangat lazim didengar oleh para marketer online. Bahkan mungkin anda sudah menggunakan strategi email marketing. Jika belum sepertinya wajib meneruskan untuk membaca tulisan ini. Email marketing, intinya adalah email yang berisi pesan promosi... Selengkapnya

Panduan Singkat Cara Membuat Sales Letter

T 18 August 2017 F , A Gemilang

Sebelum memulai menuliskan sales letter di landing page anda, perlu sedikit dipahami mengenai sales letter dan landing page. Apa sih sales letter dan apa landing page ? Landing Page adalah halaman pendaratan pengunjung yang menyediakan informasi secara detail tentang suatu... Selengkapnya

Video Premium Cara dapat Dollar dari Youtube Instagram

T 30 November 2017 F , , A Gemilang

Banyak orang suka mendokumentasikan kegiatan dirinya atau kegiatan orang lain dlam banyak peristiwa penting. Moment berharga tentu tidak boleh terlewatkan begitu saja. Dengan media peralatan elektronik yang canggih di zaman sekarang membuat video dan langsung upload ke akun youtube merupakan... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Premium Wordpress Themes

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.