Beranda » Affiliate Marketing » Panduan Singkat Cara Membuat Sales Letter

Panduan Singkat Cara Membuat Sales Letter

T Diposting oleh pada 18 August 2017
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 48 kali

Sebelum memulai menuliskan sales letter di landing page anda, perlu sedikit dipahami mengenai sales letter dan landing page. Apa sih sales letter dan apa landing page ?

Landing Page adalah halaman pendaratan pengunjung yang menyediakan informasi secara detail tentang suatu produk atau jasa.

Sales Letter adalah teknik penulisan dengan bahasa marketing supaya pengunjung semakin tertarik dengan produk yg ditawarkan dalam suatu Landing Page.

Jadi Landing Page merupakan sebuah halaman yang berisi sales letter dan berfungsi menawarkan, menjelaskan, mengajak, mempengaruhi dan “memaksa” he,he,he…pengunjung yang “mendarat” agar mau membeli produk affiliate yang kita tawarkan.

Jadi sales letter mempunyai “tugas berat” dalam melakukan penjualan, maka harus memenuhi persyaratan untuk bisa menjalankan tugasnya tersebut.

Syarat yang harus dipenuhi untuk membuat sales letter pada sebuah landing page yang baik dan mampu menjual maka ada beberapa syarat yang harus terpenuhi, seperti berikut :

Mampu Menarik Perhatian (Attention) :

Landingpage harus menarik perhatian pengunjung. Penulisan Judul (Headline) dan Sub Judul harus mampu menarik dan menjadi pusat perhatian. Biasanya Judul dibuat dengan huruf yang tebal, besar dan warna yang mencolok namun tidak norak. Kalimat jelas dan memikat yang mampu menawarkan sebuah solusi bagi pembaca.

Judul harus mampu menarik perhatian pengunjung dalam waktu 3-10 detik. Jika dalam waktu 3-10 detik tidak berhasil mendapatkan perhatian pengunjung maka mereka bisa segera meninggalkan landingpage kita. Kesempatan mereka membaca penawaran produk yang kita buat… gagal.

Pengunjung landingpage kita adalah para penjelajah di dunia maya. Mereka datang entah dari mana dan kenapa datang ke landingpage dan menemukan sales letter kita. Ingat… waktu anda hanya 3-10 detik untuk membangkitkan perhatian mereka. Jika gagal, mereka akan pergi dan mungkin tidak kembali lagi.

Jadi : Untuk membuat sales letter yang mampu menarik perhatian maka fokus pada Headline yang menarik.

Jenis dan Type Headline :

Headline Berita (News Headline)
Contoh :

Jika Anda Bisa Mengetik dan Mengakeses Internet, Anda Sudah Memiliki Syarat yang Cukup Untuk Menghasilkan Uang Melimpah dari Internet…., Hanya Jika Anda Tahu Caranya !

Headline Pertanyaan (Question Headline)
Contoh :

Maukah Anda Menemukan Rahasia Bisnis Online Yang Tidak Akan Pernah di Berikan Oleh Pesaing Anda.

Headline Bagaimana Cara (How to Headline)
Contoh :

Bagaimana Cara Menjalankan Bisnis Internet Anda Dengan Menghemat Pengeluaran dan Memaksimalkan Pendapatan.

Itu hanya contoh headline. Silahkan anda buat sendiri sesuai produk affiliate yang anda pasarkan. Buat beberapa pilihan headline lalu pilih yang terbaik menurut anda.

Sub headline biasanya dibuat dengan huruf yang lebih kecil dibanding headline. Isinya untuk mempertajam headline agar lebih dalam dan lebih jelas.

Keberadaan sub headline tidak mutlak harus ada. Jika sudah cukup dengan headline saja, maka tidak perlu lagi sub headline.

Menimbulkan Minat (Interest) :

Dalam paragraf pertama sales letter harus mampu membangun minat pengunjung. Minat untuk meneruskan membaca karena mereka mengharapkan akan mendapatkan solusi bagi masalah mereka.

Salah satu cara membangun minat pembaca misalnya dengan kalimat yang di awali dengan kata jika……, maka…..

Pembaca akan berpikir, “Oh kelihatannya informasi ini akan membantu menjawab maslaha saya, mungkin ini yang saya cari”

Katakan kepada mereka…, bahwa anda mengerti problem mereka dan anda tahu cara mengatasinya. Dan anda pernah mengalaminya sehingga anda menemukan solusi pada produk affiliate yang anda tawarkan.

Jadi, membangun interest atau minat pengunjung dengan menunjukan bahwa yang kita miliki adalah sesuatu yang bisa memberikan solusi, memecahkan masalah mereka.

Menimbulkan Hasrat / Keinginan (Desire) :

Setelah pengunjung terbangun minatnya selanjutnya mengalihkan minat menjadi sebuah keinginan. Caranya dengan menunjukan kepada mereka apa manfaat produk affiliate yang anda tawarkan. Jika anda sudah menguasai produk affiliatenya anda dengan mudah menguraikannya.

Jika belum karena masih menjadi member free dari propgram affiliate yang anda ikuti, maka perhatikan dan contoh dari website merchant anda.

Contoh point-point daftar manfaat, misalnya :
– Kemudahan apa yang akan didapatkan ?
– Kesulitan apa yang bisa terpecahkan ?
– Rahasia apa yang akan dibeberkan ?
– Impian seperti apa yang akan diwujudkan ?
– Temuan luar biasa seperti apa yang akan anda berikan ?

Tambahkan sendiri apa manfaat produk affiliate yang anda pasarkan.

Mendorong Untuk Action (Tindakan pemesanan produk)

Karena kita sedang menawarkan produk affiliate maka pendaftaran pemasanan diarahkan ke website merchant.

Website merchant seringkali berbeda antara satu dengan lainnya. Maka pelajari dulu form pesenannya. Ada yang form pemesanan pada halaman tersendiri, ada yang menyatu dengan sales letter website merchant, ada juga yang kita di kasih kode html pemesanan sendiri untuk dipasang di website / blog kita.

Silahkan anda cek dan pelajari di web merchant masing-masing.

Memastikan Pengunjung Untuk Closing (Penutup / Order) :

Sebagai affiliate marketer anda punya pesaing karena banyak marketer lain yang menawarkan produk yang sama dengan anda.

Maka agar mereka mau membeli melalui link anda bukan orang lain, maka berikan nilai tambah kepada siapapun yang mau membeli atas referenasi anda.

Nilai tambah yang hanya didapatkan jika mereka membeli lewat link anda. Dan tidak mereka dapatkan jika mereka beli di tempat lain. Nah pikirkan apa yang akan anda berikan sebagai bonus ? Sehingga pembeli memilih beli kepada anda ?

Coba cari pesaing anda di internet…, dan parhatikan bagaimana mereka menjual produk affiliate yang sama dengan yang anda jual. Buat penawaran anda lebih unggul daripada pesaing anda. Disinilah kita menempatkan pesaing bisnis kita sebagai guru agar kita lebih cerdas dalam menjual !!

Sekedar contoh bonus :
– Ebook
– Software
– Video/ Audio
– Desain graphic
– Template blog
– Mencoba trial suatu produk
– Souvenir, misalnya kaos.

Untuk bonus yang berupa produk digital bisa anda kirim via email. Nah jika anda memberikan bonus produk fisik maka perlu diperhitungkan harga souvenirnya, apakah masih dapat keuntungan jika komisinya dikurangi harga produk. Jika masih untung nggak mengapa kita berikan bonus berupa produk fisik. Namun sebaiknya biaya ongkos kirim ditanggung oleh pembeli.

Saya pernah menjual produk affiliate dengan bonus sebuah buku fisik. Saya hitung masih ada margin keuntungan maka tidak mengapa saya lakukan. Jika ada pembeli yang joint lewat link affiliate saya, mereka konfirmasi dan saya kirimkan bukunya lewat jasa pengiriman paket, pos, tiki, jne dan sebagainya.

Dengan cara memberikan bonus tambahan maka mereka akan memilih membeli melalui link affiliate yang anda rekomendasikan…. Tidak mau membeli kepada orang lain.

Selamat mencoba Semoga Sukses !

Belum ada Komentar untuk Panduan Singkat Cara Membuat Sales Letter

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Panduan Singkat Cara Membuat Sales Letter

Mulai Bisnis Online dengan Affiliate Marketing

T 11 August 2017 F A Gemilang

Affiliate marketing adalah salah satu cara menghasilkan uang dari internet. Cara ini sebenarnya merupakan cara bisnis yang sudah sangat lama, yakni kita mendapatkan uang komisi karena menjualkan produk milik orang lain. Affiliate marketing termasuk sebuah bisnis yang berpotensi besar. Diperkirakan... Selengkapnya

Cara Download Lagu dari Youtube Menjadi File MP3

T 23 August 2017 F A Gemilang

Pada saat kita belum tahu, segala  sesuatu yang mudah saja akan terasa sulit. Dan benar-benar sulit karena memang tidak tahu caranya. Maka yang bisa memudahkan adalah ilmu, dalam basa jawa “ngelmu” angele yen durung ketemu !!! Mungkin banyak juga yang... Selengkapnya

Bagaimana Menggunakan Email Untuk Mendapatkan Uang Jutaan Rupiah ?

T 18 August 2017 F A Gemilang

Email Marketing Istilah email marketing tentunya sudah sangat lazim didengar oleh para marketer online. Bahkan mungkin anda sudah menggunakan strategi email marketing. Jika belum sepertinya wajib meneruskan untuk membaca tulisan ini. Email marketing, intinya adalah email yang berisi pesan promosi... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Premium Wordpress Themes

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.